Sejarah dan Nama-nama Android - All Makruf

Mari Belajar di Sini

Sejarah dan Nama-nama Android

Sejarah dan Nama-nama Android

Saya akan membahas sedikit tentang Sejarah dan Nama-nama Android yang saya ketahui dari membaca-baca di ebook-ebook. Walaupun kurang menyukai sejarah, tapi saya rasa tidak ada salahnya membahas sejarah android untuk berbagi informasi, pengetahuan dan wawasan. Semoga bermanfaat..

Google bekerja sama dengan Android pada tahun 2000. Para pendiri Android yang bekerja di google, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Pada masa itu Android masih dianggap sebagai perangkat lunak yang terdapat pada telepon seluler. Pada perusahaan Google, Rubin dan tim bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux.

Pada September 2007, Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Google mengenalkan Nexus One sebagai salah satu jenis smartphone GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Pada Desember 2008, diumumkan beberapa anggota baru untuk produk pertama Android sebagai perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Android telah melakukan perbaikan bug dan penambahan fitur. HTC Dream merupakan telepon pertama yang menggunakan sistem operasi Android yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Akhir 2009 terdapat paling sedikit 18 jenis telepon seluler di dunia yang menggunakan Android.
  1. Android 1.1
  2. Google merilis Android versi 1.1 yang dilengkapi dengan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.

  3. Android Cupcake (versi 1.5)
  4. Google merilis telepon seluler dengan menggunakan android dan SDK (Software Development Kit) versi 1.5 pada pertengahan Mei 2009. Terdapat beberapa penambahan fitur, yaitu merekam, menonton video dengan modus kamera, menggugah video ke youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, Bluetooth A2DP, terhubung otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard yang dapat disesuaikan dengan sistem.



  5. Android Donut (versi 1.6)
  6. September 2009, Android versi 1.6 dirilis dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dari sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lain yang tersedia adalah galeri, kamera, camcorder dan galeri yang diintergrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel).

  7. Android Éclair (versi 2.0/2.1)
  8. Android Éclair dirilis pada 3 Desember 2009. Penambahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan  UI  dengan  browser   baru  dan  dukungan  HTML5,  daftar  kontak  yang  baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

  9. Android Frozen Yoghurt atau Froyo (versi 2.2)
  10. Android Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Penambahan yang dilakukan adalah dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google  Chrome  yang  mempercepat  kemampuan  rendering  pada  browser,  pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

  11. Android Gingerbread (versi 2.3)
  12. Android Gingerbread dirilis pada 6 Desember 2010. Penambahan yang dilakukan pada android versi 2.3 ini adalah peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

  13. Android Honeycomb (versi 3.0/3.1)
  14. Androi versi ini dikhususkan untuk tablet karena dibuat untuk mendukung ukuran layar yang lebih besar. UI untuk Honeycomb juga berbeda. Honeycomb mendukung multi processor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis. Tablet pertama yang menjalankan Android Honeycomb adalah Motorolla Xoom.

  15. Android Ice Cream (versi 4.0)
  16. Android ini dirilis pada akhir 2011. Android ini dapat dijalankan pada tablet dan mobile sehingga tidak ada perbedaan android table dan android mobile.

  17. Android Jelly Beans (versi 4.1/4.2)
  18. Android versi 4.2 Jelly Bean dirilis pada tahun 2012 dengan fitur keamanan yang ditingkatkan, termasuk pemindai perangkat perusak yang disertakan dalam sistem; pemindai ini tidak hanya memeriksa aplikasi yang dipasang dari Google Play, namun juga bisa memindai aplikasi yang diunduh dari situs-situs pihak ketiga. Sistem akan memberikan peringatan yang memberitahukan pengguna ketika aplikasi mencoba mengirim pesan teks premium, dan memblokir pesan tersebut, kecuali jika pengguna mengijinkannya.

  19. Android Kitkat (versi 4.4)
  20. Android versi 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013.



  21. Android Lollipop (versi 5.0)

  22. Android Lollipop (versi 5.0) dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014.



  23. Android Marshmallow (versi 6.0)
  24. Android Marshmallow dirilis pada tahun 2015.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah dan Nama-nama Android"

Post a Comment