Keunggulan ReactJS dan Kelemahan ReactJS - All Makruf

Mari Belajar di Sini

Keunggulan ReactJS dan Kelemahan ReactJS

Keunggulan ReactJS

Keunggulan ReactJS dan Kelemahan ReactJS

ReactJS adalah salah satu framework front-end Web dari library Javascript untuk membangun User Interface (UI). Beberapa keunggulan menggunakan ReactJS adalah sebagai berikut.

  • Mudah Dipelajari
ReactJS mudah dipelajari karena memiliki gaya penulisan kode yang sederhana. Namun walaupun kodenya sederhana tetapi tetap powerfull. Jika sudah menguasai dasar-dasar Javascript akan semakin mudah memahami ReactJS karena konsep-konsep yang digunakan di Javascript mirip dengan yang digunakan di ReactJS.




  • Mudah Digunakan
Apabila terjadi kesalahan penulisan kode di ReactJS, dapat dengan mudah ditemukan (debug). Debug dapat dilakukan dengan menginstall ekstensi React Developer Tools di Browser. Hal itu dapat dilakukan dengan cara melakukan inspect element, di sebelah kanan akan ditampilkan text React.

  • Fleksibel
Beberapa orang berpendapat bahwa dengan belajar React, kita dapat membuat aplikasi web, mobile dan Dekstop.

  • Sangat Efisien dan Sangat Cepat
Pada ReactJS terdapat fitur Virtual DOM untuk menghindari operasi DOM yang berlebihan. Hal itu dapat mempercepat proses perubahan yang terjadi pada DOM karena letaknya di memori, sehingga website terlihat reaktif, perubahan tampilan tanpa perlu mereload halaman. ReactJS hanya memperbarui data yang mengalami perubahan saja. ReactJS juga menerapkan One-Way Data Binding, sehingga data selalu mengalir dari Model ke View secara langsung dibandingkan dengan tipe Two-Way Data Binding yang lebih kompleks dapat memperlambat aplikasi.

  • Scalable Project
ReactJS dapat menangani dengan baik pembuatan aplikasi dalam skala yang besar dan menampilkan perubahan data yang kompleks.

  • JSX 
JSX merupakan singkatan dari Javascript Syntax XML. Dengan JSX kita dapat menuliskan HTML di dalam Javascript, sehingga JSX dapat menyederhanakan seluruh proses penulisan komponen untuk website dan aspek HTML.



  • Reusable Component
Fitur yang menjadi dasar dari ReactJS dalam membangun sebuah aplikasi. Dengan komponen, kita bisa bongkar pasang, sehingga memudahkan kita dalam mengembangkan aplikasi web yang modern. Komponen yang dibuat pada ReactJS dapat digunakan kembali ke aplikasi lain. Hal ini dapat memudahkan pengembangan dan pengelolaan aplikasi web. Selain itu, kita juga dapat menggunakan komponen-komponen yang sudah dibuat oleh komunitas React. Dengan demikian, kecepatan pembuatan aplikasi web meningkat dan dapat menghemat waktu.

  • SEO Friendly
Kelemahan kebanyakan framework/library javascript adalah tidak support SEO (Search Engine Optimization). ReactJS malah sangat menonjol terhadap SEO karena React dijalankan pada server dan Virtual DOM  yang akan dikembalikan kepada browser sebagai halaman biasa.

Kelemahan ReactJS
ReactJS juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut.
  • Dokumentasi resmi React kurang tertata dengan baik dibandingkan dengan kebiasaan dokumentasi framework lainnya. Tetapi dokumentasi yang disediakan di luar dokumentasi resmi sudah banyak.
  • React fokus pada bagian View dari suatu aplikasi. Jika ingin membangun aplikasi dalam skala besar, kita harus menyertakan beberapa library luar untuk menangani bagian lain dari suatu aplikasi.
  • Untuk membuat routing pada React, kita harus menyertakan file dari luar.

Baca Juga:


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Keunggulan ReactJS dan Kelemahan ReactJS"