Cara Membuat Halaman Berbeda di Word - All Makruf

Mari Belajar di Sini

Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

Ketika membuat buku, laporan, makalah, bahkan skripsi, kita diwajibkan untuk menambahkan nomor halaman di setiap lembaran. Biasanya nomor halaman yang dibuat berbeda untuk beberapa halaman dalam satu file buku, laporan, makalah ataupun skripsi. Misalnya halaman Pengantar, daftar isi, daftar tabel yang diberikan nomor halaman romawi (I, ii, iii, dan seterusnya). Sedangkan untuk BAB I dan seterusnya harus diberikan nomor halaman 1, 2, 3 dan seterusnya. Hal ini mudah untuk dilakukan di Microsoft Office Word. Dengan adanya nomor halaman ini dapat membantu kita untuk membuat daftar isi secara otomatis tanpa harus mengatur satu per satu halaman pada daftar isi.

Pada artikel ini, kita akan berbagi pengalaman bagaimana cara membuat halaman berbeda di Word (Microsoft Office Word). Pada tutorial ini kita menggunakan Microsoft Office Word 2016 untuk membuat nomor halaman berbeda.

1. Buka file Microsoft Office Word buku atau skripsi Anda dan pilih tab INSERT

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Word




2. Pilih Page Number dan pilih posisi nomor yang ingin ditampilkan. Top of Page (posisi nomor di atas), Bottom of Page (posisi nomor di bawah). Lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Berbeda pada Word


3. Klik Page Number sekali lagi kemudian pilih  Format Page Number untuk mengubah format nomor halaman sesuai keinginan, seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Berbeda pada Word


4. Pilih Nomor Sesuai keinginan, contohnya nomor i, ii, iii dan tentukan nomor halaman akan dimulai dari mana, lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Berbeda pada Word


5. Selanjutnya, pilih tab PAGE LAYOUT, klik tombol Break dan pilih Next Page, seperti gambar berikut.

Cara Membuat Halaman Berbeda pada Word



6. Kemudian lakukan kembali langkah 1 – 4, akan tetapi pada langkah ke-4 coba pilih Number Format yang berbeda seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Word


Begitulah sedikit tutorial bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda pada Word. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan atau kesilapan, mohon pencerahan. Kritik dan saran Anda sangat membantu kita dalam membuat sebuah tutorial.

Terima kasih, semoga bermanfaat !!


BACA JUGA :

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Membuat Halaman Berbeda di Word"