Apa itu Java ?? Berikut Pengenalan Java, Sejarah java dan Definisi Java - All Makruf

Mari Belajar di Sini

Apa itu Java ?? Berikut Pengenalan Java, Sejarah java dan Definisi Java

Apa itu Java ??  Pengenalan Java, Sejarah java dan Pengertian Java

Sejarah Java

Sejarah pembangunan Java dimulai oleh James Gosling pada tahun 1991, yaitu pada bulan juni 1991. Dia menggunakan bahasa pemrograman java untuk salah satu dari banyak proyek yang dikerjakannya.

Bahasa pemrograman java awalnya disebut Oak yang diambil dari nama pohon yang tumbuh di luar kantor Gosling, yaitu pohon Oak. Selain itu, Java juga pernah diberi nama Green yang kemudian namanya diganti menjadi Java. Sun pertama kali merilis implementasi publik sebagai Java versi 1.0 pada tahun 1995 dengan slogan Write Once, Run Anywhere (WORA).

Pada November 2006, Sun merilis sebagian besar bahasa pemrograman Java sebagai software free dan open source berdasarkan dengan GNU General Public License (GPL). Pada Mei 2007, Sun menyelesaikan prosesnya dan membuat semua core kode Java free dan open source.



Sun Microsystems telah berubah namanya menjadi versi J2 baru, seperti Java EE, Java SE dan Java ME. Dengan popularitas Bahasa Pemrograman Java yang meluas beberapa konfigurasi telah dikembangkan untuk melengkapi berbagai jenis platform. Contohnya adalah J2EE untuk aplikasi Enterprise dan J2ME untuk aplikasi Mobile.

Apa itu Java ??

Java merupakan bahasa pemrograman komputer yang bertujuan untuk mengembangkan program secara bersama, class-based, object-oriented dan khusus dirancang untuk memiliki sedikit depedensiimplementasi yang maksimal.

Ada beberapa definisi untuk Java, yaitu sebagai berikut.

1.Object Orinted
Di Java semuanya adalah Object, sehingga Java mudah diperluas karena berdasarkan pada model Object.

2. Platform Independent
Berbeda dengan beberapa pemrograman lain, Java tidak di-compile ke platform tertentu tetapi ke dalam kode byte independent yang didistribusikan melalui web dan diterjemahkan oleh Virtual Machine (JVM) di semua platform yang dijalankan.

3. Sederhana
Jika sudah memahami konsep dari OOP, maka akan mudah untuk menguasai bahasa pemrograman Java.

4. Architectural-neutral
Compiler Java menghasilkan format file Object yang kode hasil kompilasi menjadi executable pada banyak Procesor dengan syarat memiliki Java runtime system.

5. Portable

6. Multithreaded
Fitur Multithreading pada Java memungkinkan programer untuk menulis kode program yang dapat berjalan secara bersamaan. Hal ini membuat developer untuk dapat membuat aplikasi yang interaktif dan berjalan dengan baik.

7. Kuat
Java menekankan pada pengecekan kesalahan waktu kompilasi dan pemeriksaan runtime untuk menghilangkan situasi rawan kesalahan.

8. Aman
Fitur ini memungkinkan developer untuk mengembangkan program yang terbebas dari virus. Teknik otentikasi berdasarkan pada enkripsi kunci publik.

9. Interpreted
Java byte code diterjemahkan dengan mudah tanpa petunjuk mesin asli dan tidak disimpan dimanapun.

10. High Performance
Dengan menggunakan copiler Just-In-Time memungkikan Java high performance

11. Distributed
Java dirancang untuk lingkungan terdistribusi di Internet.'

12. Dynamic
Java lebih dinamis daripada bahasa Pemrograman C dan C++ karena dirancang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berkembang.

Semoga artikel tentang Pengenalan Java, Sejarah java dan Definisi Java ini dapat memberikan manfaat, paling tidak sudah mendapatkan wawasan, pemahaman dan pengetahuan tentang Java.
Silahkan kritik perbaikan di kolom komentar jika ada kesalahan pada penjelasan di atas dan silahkan bagikan jika artikel ini bermanfaat untuk yang membutuhkan pemahaman tentang Pengenalan Java, Sejarah Java dan Definisi Java.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Java ?? Berikut Pengenalan Java, Sejarah java dan Definisi Java"

Post a Comment